DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI

  • Eka Mujirahayu
Keywords: Penggunaan Gadget, Motivasi anak, Penelitian Kualitatif Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Tipe penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Serta menambah reverensi masyarakat dalam memahami permasalahan seputar anak dan orang tua. Hasil penelitian yang diperoleh 1) Terlihat anak usia dini sering menggunakan gadget pada saat kegiatan tertentu. Sehingga anak usia dini merasa terlalu senang menggunakan gadget yang dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. 2) bagaimana bentuk penggunaan gadget (aplikasi, intensitas, dan durasi pemakaian gadget) pada anak usia dini. 3) Sebagian besar anak usia dini meggunakan gadget hanya untuk bermain game dan menonton film animasi yang seharusnya gadget dapat dipergunakan untuk media pembelajaran bagi anak usia dini. 4) pengawasan oleh orang tua dirasakan kurang, karena sebagian besar orang tua terkesan memberikan dan tidak terlalu khawatir dengan dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus- menerus. Orang tua harus lebih berhati – hati dalam mengawasi dan memonitoring kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari untuk meminimalisir sisi negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut, dan seharusnya gadget digunakan dan dimanfaatkan untuk hal yang positif

References

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Baihaqi, M & Sugiarminm M. 2006. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : PT. Refika Aditama

Creswell, Jhon, W. 2010.Research Design Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, danMixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Fuad Efendi. 2013. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini, Vol. 1, 3-7

Hadiwidjojo. Dampak Positif Penggunaan Gadget Pada anak 2016 dari

http://www.satuharapan.com/life/8-dampak-positif-penggunaan-gadget-bagi-anak

Hamalik, Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.

Herdiansyah, Haris. 2010.Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial,

Jakarta : Salemba Humanika.

Miles B Mathew dan Michael Huberman. 1992 Analisis Data KualitatifBuku Sumber Tentang Metode-metode Baru, Jakarta : UIP.

Narbuko, Cholid. 2003.Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.Sari, P dan Mitsalia A. A, Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi 13 (2) : 73– 77, 2016

Winarno, Wing.2009. Panduan Penggunaan Gadget. Jakarta : Rineka Cipta.

Berita jakarta.com, Siswa Kelas 3 SD Diduga Sodomi 5 Bocah , Di Jakut. DI Unduh Pada 8 Januari 20018, Dari

http://www.beritajakarta.com/read/2714/Siswa_ Kelas_3_SD_Diduga_Sodomi_5_Bocah_di_Jakut, 2015

Berita.Saibumi.com/artikel-62176-bd-pencabul-anak-sd-di-pringsewu-tidak-ditahan-html.

http://global.liputan6.com/read/3370239/anak-zaman-now-ini-bahaya-terlalu-lama-menatap-layar-ponselhttps://guruppkn.com/cara-meningkatkan-motivasi-belajar-anak

http://mizanapps.com/manfaat-gadget-untuk-anak-anak

https://www.viva.co.id/indepth/fokus/561294-gadget-bisa-mengancam-anak-anak

http://www.pelatihanparenting.com/penggunaan-gadget-pada-anak

http://dosenpsikolog.com/cara-mendidik-anak-agar-mandiri

https://www.google.co.id/amp/s/m.kumparan.com/@kumparantech/membedah-alasan-bill-gates-larang-anak-pakai-ponsel-sampai-14-tahun.amp

https://www.viva.co.id/amp/berita/nasional/817648-kak-seto-minta-oranh-tua-awasi-anak

https://www.aladokter.com/berapa-jam-anak-menggunakan-gadget-perhari https:.//homescoolingkaksetosurabaya.wordpres.com

https://www.liputan6.com/amp/3235563/dampak-gadget-bagi-anak)

https://www.google.co.id/amp/style.tribunnews.com/amp/2017/09/23/ternyata-begini-dampak-positif-dan-negatif-anak-bermain-ponsel-menurut-ahli

Published
2020-08-24
How to Cite
MujirahayuE. (2020). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(2), 75-87. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/148