MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI APE ROBOT MOBIL KONTROL ANALOG PADA ANAK (5-6 TAHUN)

  • Eka Juannita
Keywords: Meningkatkan Kognitif, APE, Robot mobil kontrol analog

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru. Untuk itu diperlukan suatu peningkatan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan meningkatkan kognitif anak, penggunaan alat permainan edukatif robot mobil kontrol analog. Perumusan masalah dapat peneliti rumuskan sebagai berikut : Apakah dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun melalui alat permainan edukatif robot mobil kontrol analog di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingginya peningkatan kognitif pada anak usia 5-6 tahun dalam belajar seraya bermain menggunakan alat permainan edukatif robot mobil control analog di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatau pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan. Yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah subjek penelitian 18 orang anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil persentase tindakan kelas yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu dengan menggunakan alat permainan edukatif robot mobil kontrol analog dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi Pekanbaru.

References

AhmadSusanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Askara.

AndangIsmail. 2012. Alat Peraga dan APE Modul Pelatihan. Yogyakarta: Shibyan Publisher.

AngganiSudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Depdiknas. 2015. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas.

DianaMutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fatimahn Ibda. 2015. Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Bandung:Intelektualita.

Fedriyenti. 2012. Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar. Padang: Jurnal Pesona PAUD.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana

Publishing.

Kusdwiratri, Setiono. 2009. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Widya Padjadjaran.

MadaSanjaya. 2013. Membuat Robot bersama Profesor Bolabot. Yogyakarta:

Gava Media.

Martini Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

M. Fadlillah. 2017. Buku Ajar bermain & Permainan. Jakarta: Prenada Media Group.

Novan Ardy Wiyani & Barnawi. 2014. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rovi, Pahliwandari. 2016. Jurnal Pendidikan.Pontianak.

SuharsimiArikunto dan SuhardjonoSupardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Sumardi, Lutfi Nur, Hilma Halimatus Sa’diyyah. 2017. Kemampuan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Tasikmalaya: Jurnal PAUD Agapedia.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT.

Pustaka Insan Madani.

Syaiful, Sagala. 2010. Konsep & Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Syamsuardi. 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-KanakPaud polewali kecamatan tanete riattang barat kabupaten bone. Sulawesi Selatan: Jurnal Publikasi.

Syamsu Yusuf dan Nani M. Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik.. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tengku, Musari, Darlis Herumurti, Abdul Munif. 2017. Remote Control Komunikasi Robot Berbasis Pergerakan Tangan Pada Smartphone Menggunakan Metode Logika Fuzzy. Bengkalis: Jurnal Inspiraton.

Walujo, D. A dan Listyowati, Anies. 2017. Kompendium PAUD Memahami PAUD Secara Singkat. Depok: Prenadamedia Group.

Published
2020-08-22
How to Cite
JuannitaE. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI APE ROBOT MOBIL KONTROL ANALOG PADA ANAK (5-6 TAHUN). Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(1), 56-74. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/144