ANALISIS PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN PARENTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Amal Ikhlas. Informan adalah Guru dan orang tua, untuk memperoleh data penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Data analisis partisipasi orang tua dalam meningkatkan kegiatan parenting, digunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil temuan menunjukan 1). Partisipasi orang tua dalam kegiatan parenting anak masih rendah. Orang tua percayakan sepenuhnya pendidikan pada guru di TK Amal Ikhlas Dari 6 orang tua, hanya satu orang yang memiliki persepsi positif terhadap kegaiatan Parenting. Orang tua juga belum memahami pentingnya partisipasi orang tua dan manfaat serta tujuan partisipasi orang tua. Orang tua menganggap bahwa partisipasi orang tua tidak terlalu penting untuk anak. Orang tua yang menyekolahkan anaknya di TK Amal Ikhalas masih sebagian besar tidak berpartisipasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. 2). Selain faktor internal, pendidikan dan keadaan ekonomi orang tua, faktor eksternal juga berpengaruh terhadap partisipasi orang tua. Faktor eksternal yang mempengaruhi adalah lingkungan dan sosialisasi. Faktor lingkungan diketahui bahwa orang tua yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan parenting anak di TK Amal Ikhlas menyatakan tidak ada motivasi dari keluarga untuk berpartisipasi di TK Amal Ikhalas. Sedangkan faktor sosialisasi diketahui bahwa sosialisasi yang dilakukan masih sangat kurang.
References
AndriPriyatna. (2002). Parenting Anak Bandel. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Acmad,Munibdkk. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT Unnes Press
Ali Nugraha, YeniRachmawati. (2008). Metode Pengembangan Sosial Emosional.Jakarta: Universitas Terbuka.
Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan
Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta:Putra Grafika
Chabib Thoha. (2011). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan :Jakarta. Bumi Aksar
E. Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
H.A.R. Tilaar. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan:Kajian Menejemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta:Rinika Cipta.
Kemdiknas. (2012).Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini
Berbasis Keluarga. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Khairuddin. (2002). Sosiologi keluarga. Yogyakarta : Liberty.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Monty P. Satiadarma. (2001). Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Mukhtar Latif dkk (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. PT Fajar Inter pratama Mandiri.
Patrikakou, E.N.(2008). The Power of Parental Involvemen: Eviddence, Ideas, and Tools for student success. Diakses dari http://education.praguesummerschools.org/images/readings/2014/patrikakao u_power_of_parent_involvement.pdf diakses pada 4 maret 2018
Saiful.Rohman, (2008), Reformasi Pelayanan Publik, Program Sekolah Demokrasi Bekerja Sama dengan Averroes Press, Malang.
Soekanto, Soerjono. (2004). Sosiologi Keluarga. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sudjana.(2010). Strategi Pembelajaran.Bandung: Falah.
Sumaryadi, I Nyoman, (2010), Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan. Jakarta: Penerbit Citra Utama
Sugiono, (2005).Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung. Syahyuti, 2005. Partisipasi Orang Tua: Jakarta.Bina Rena Pariwara. Surbakti. (2012). Parenting Anak-Anak: Jakarta. PT Gramedia
Sudjana, Djudju. (2010). Pendidikan Luar Sekolah: Bandung :Falah Production
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta