ANALISIS PENGASUHAN PADA ANAK TEMPER TANTRUM DI TK PERTIWI DWP SETDA PROVINSI RIAU

  • Diah Ardianingsih
Keywords: Pengasuhan, Temper Tantrum, Anak Usia Dini

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya beberapa anak dengan ciri-ciri suka mengamuk jika permintaannya anak tersebut tidak terpenuhi, anak yang suka mengganggu dan membuat temannya menangis, Ada anak yang suka berebut mainan dikelas teman dan merengut jika apa yang dia inginkan tidak terpenuhi. Dan juga mengamuk, menangis, menendang serta memukul. Menunjukkan perilaku tantrum yang merupakan salah satu ciri anak bermasalah dalam perkembangan emosi mereka. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap anak dan orang tua anak sebagai sampel guna mendapatkan gambaran kokrit perilaku tantrum pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengasuhan orang tua memiliki peran penting atau memiliki andil terhadap sikap tantrum pada anak dimana pola asuh yang tepat dapat menghindari timbulnya temper tantrum pada anak. Hal ini bias dilihat faktor psikologis atau seperti orangtua yang terlalu menuntut anak sesuai harapan orangtua; dan faktor orangtua, yakni pola asuh yang merupakan pondasi awal pada anak orang tua membentuk karakter anak melalui pola asuh yang diterapkan kepada anaknya

References

Akbar & Usman. 2009. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, M. 2000. Peranan gizi dan pola asuhan dalam meningkat kualitas tumbuh kembang anak.

Dariyo, Agoes. 2004. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah.Yogyakarta: PAS.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta:Depdikbud

Edward, Drew, C. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur : Panduan Orang Tua Untuk

Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung : PT. Mizan Utama.

Hames, Penney. 2005. Menghadapi dan Mengatasi Anak yang Suka Ngamuk. Jakarta: PT Gramedia.

Hasan,Maimunah. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA press

Hayens, B, dkk. 2003. Buku Pintar Menaklukkan Hipertensi. Jakarta: ladang Pustaka.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Jas & Rahmadiana. 2004. Mengkomunikasikan Moral Pada Anak. Jakarta : PT Elex Komputindo.

Kartono, Kartini. 1992. Pathologi sosial 2 kenakalan remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muzakkir. 2008. Terapi Musik Melalui Metode Orff: Studi Kasus Program Terapi Pada Anak yang Mengalami Temper Tantrum di Cimahi Jawa Barat.

Purnamasari, A. 2005. Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Jurnal Humanitas. Vol. VIII No. 1 Januari 2005.

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosmala, Dewi. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikti

Published
2020-08-22
How to Cite
ArdianingsihD. (2020). ANALISIS PENGASUHAN PADA ANAK TEMPER TANTRUM DI TK PERTIWI DWP SETDA PROVINSI RIAU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(1), 23-43. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/142