FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK KE PAUD

  • Aisyah Cendrakasih Samoeri
Keywords: Minat Orang Tua, PAUD, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian ini adalah bahwa rendahnya minat orang tua dalam menyekolahkan anak ke lembaga PAUD Di Desa Sungai Kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat orang tua, minat merupakan unsur perasaan manusia untuk melakukan sesuatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya ke PAUD di desa sungai kuning. Metode yang digunakan dalam pngumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat orang tua dalam menyekolahkan anaknya ke PAUD di desa sungai kuning antara lain yaitu:

faktor ekomoni keluarga, (2) kurangnya motivasi dalam diri orang tua dalam menjalankan minatnya, (3) faktor kurangnya pemahaman orang tua terhadap pentingnya PAUD, (4) kurangnya rasa percaya orang tua kepada sekolah karena kompetensi yang dimiliki oleh guru

References

Fitra, Hadiyati dan Endang Ahmad Yani. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam (Studi Kasus : STEI SEBI).

Hasbullah. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Idris, Meity dan Izul Komdani. 2014. Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Jakarta Timur : PT Luxima Metro Media.

Kambuaya, Carlos. Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Studi Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung.

Mahmudah, Niswatul. 2003. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa STEI SEBI Jurusan Akuntansi Syariah Terhadap

Propesi Akuntan Publik. Volume 1, No. 2, http://jurnal.sebi.ac.id/index.php/jaki/article. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.

Mansur.2009. Pendidikan anak dini dalam islam. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Miles dan Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universita Indonesia.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Muslikhatun. 2016. Kepercayaan Orangtua Kepada Lembaga Pendidikan Islam.

Noor, Komari. 2015. Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan dikota tangerang.

Rahmah. 2014. Ilmu Pendidikan Anak. Pekanbaru.

Rusmiati. 2017. Pengarauh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL FATTAH SUMBERMULYO. Volume 1, No 1, http//media.neliti.com/mediapublications/. Diakses 06 November 2018

Sugiono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ulfah, Maulidya dan Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja.

Yuliani, Ninik dan Niken Titi Pratitis. 2013. Minat Pada Profesi Guru, Semangat Kerja Dan Kreativitas Guru Taman Kanak-Kanak.

Published
2020-08-22
How to Cite
Cendrakasih SamoeriA. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK KE PAUD. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(1), 1-11. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/140