METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VERBAL ANAK AUTISME TK ANANDA KAMPAR

  • Sismar
Keywords: Metode Applied Behavior Analysis (Aba), Kemampuan Verbal, Metode Deskriptif Kualitatif

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam Pembelajaran Untuk Pengembangan Kemampuan Verbal Anak Autis Di Taman kanak-kanak  Ananda Desa  Pandau Jaya Kec. Siak Hulu  Kab. Kampar. Penelitian ini dilakukan  melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi berbagai cara yakni melalui pengamatan (observasi), wawancara (angket) dan studi dokumentasi. Ketiga teknik pengumpulan data tersebut digunakan dengan harapan saling melengkapi sehingga dapat diperoleh data yang akurat kemudian diklafikasikan menurut jenisnya, yaitu data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut; 1) Terapi prilakuyang diperkenalkan disekolah yang memiliki anak Autis dapat memberikan pengalaman belajar pada anak autis sehingga nantinya diharapkan anak autis dapat terbiasa dengan instruksi tersebut yang akhirnya anak autis dapat berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Dengan demikian terapi prilakudalam kegiatan belajar  dan mengajar pada anak Autis sangat diperlukan karena dapat memperlancar proses belajar mengajar dan dapat membantu anak Autis dalam bersosialisasi.

References

Azwandi, Yosfan. (2005). Mengenal dan Membantu Penyandang Autisma, Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Depdiknas.

Budiman, Melly. (2000). Polusi Sebabkan Autisma, Jakarta, Harian Kompas.

Creswell, J.W. (2011). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Koswara, Deded. (2013). Pendidikana Anak Berkebutuhan Khusus Autis. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Wicaksono, MB. (1997) Autisma Ganguan Perkembangan Pada Anak. Jakarta: Yayasan Autisme Indonesia.

Yatim, Faisal. dr. (2007). Autisme Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Published
2020-08-21
How to Cite
Sismar. (2020). METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VERBAL ANAK AUTISME TK ANANDA KAMPAR. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 6(2), 93-102. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/139