HUBUNGA KINERJA GURU DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN TK SEKECAMATAN MANDAU

  • Romaida
Keywords: Kinerja Guru, Perkembangan Kognitif, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kinerja guru dengan perkebangan kemampuan kognitif anak 4-5 tahun usia Taman Kanak-Kanak Sekecamatan Mandau. Adapun tempat dilakukannya penelitian di beberapa sekolah TK di Kecamatan Mandau. Adapaun jenis penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif. Objek kajian dapat penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang di ambil acak dari beberapa TK di Kecamatan Mandau, total keseluruhan anak adalah 40 Orang dan Guru 40 Orang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa  berhubungan kinerja guru secara positif dengan Perkembangan kognitif anak sebesar 0.732 ( r = 0.312 ). Dengan demikian, terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Hipotesis Ho diatas oleh sebab itu ditolak dan hipotesis  Ha diterima yaitu terdapat hubungan Kinerja Guru dengan Perkembangan Kognitif Anak di TK sekecamatan Mandau. Signifikan bisa ditentukan lewat baris Sig. (2-tailed). Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, maka hubungan yang terdapat pada r dianggap signifikan. Hasil uji signifikansi (di atas) adalah : Nilai r hubungan Kinerja guru dengan Perkembangan kognitif Anak adalah 0.000. Artinya 0.000 < 0.05 dan dengan demikian korelasi antara kedua variabel signifikan.

References

Akdon. (2005). Aplikasi Statistik dan Metode Penelitian. Bandang: Dewa Ruchi.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Patmonodewo. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyatno, Duwi. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava media

Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Tabrani Rusyan dkk. (2000). Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta

Usman, Husaini. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2020-08-21
How to Cite
Romaida. (2020). HUBUNGA KINERJA GURU DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN TK SEKECAMATAN MANDAU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 6(2), 76-84. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/137