BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA ANAK 4-5 TAHUN TK AITI PERAWANG KECAMATAN TUALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata anak usia 4-6 tahun melalui penerapan bernyanyi di TK Aiti Perawang Kecamatan Tualang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu: Dengan penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata anak usia 4-5 di TK Aiti Perawang Kecamatan Tualang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan penguasaan kosa kata anak pada setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38,3% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,3% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,1% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
References
Anas Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.
Masitoh, dkk. (2006). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka