PENGARUH BERMAIN MELALUI GERAK DAN LAGU DENGAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

  • Ihsan Widiantono 02
  • Reci Jumaiyenti
Keywords: Bermain Gerak dan Lagu, Kosakata Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh bermain gerak dan lagu dengan pengenalan kosakata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Pembatang Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jumlah objek penelitian sebanyak 24 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 14 orang anak laki-laki, yang berasal dari kelas B. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Diperoleh dari hasil penelitian adalah pada hasil Uji T Paired Sample T-Test dan hasil Uji N-Gain. Pada Uji T Paired Sample T-Test diperoleh perbandingan mean (nilai rata-rata) antara mean pretest dengan mean posttest, mean pada pretest sebesar 13,0833 dan nilai mean pada posttest sebesar 32,7917. Maka besarnya perbandingan mean sebesar 19,7084, dengan kata lain terjadinya peningkatan pengenalan kosakata bahasa inggris anak sebesar 19,7084 di TK. PGRI Pembatang Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Pada Uji N-Gain diperoleh dari perbandingan antara nilai pretest dengan nilai posttest. Pada pretest sebesar 314 dan pada posttest sebesar 787. Maka besarnya perbandingan sebesar 473, dengan kata lain terjadinya peningkatan pengenalan kosakata bahasa inggris anak sebesar 473 di TK. PGRI Pembatang Pangean Kabupaten Kuantan Singingi.

Published
2020-08-20
How to Cite
WidiantonoI., & JumaiyentiR. (2020). PENGARUH BERMAIN MELALUI GERAK DAN LAGU DENGAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 4(2), 197-206. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/133