MENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK ANAK DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERBASIS ALAM

  • Ihsan Widiantono 02
  • Hera Efdaria
Keywords: Motivasi Intrinsik Pembelajaran Berhitung, Kegiatan Berbasisi Alam

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi anak dalam pembelajaran berhitung melalui kegiatan berbasis alam anak usia 5-6 tahun TK Al-hidayah Pulau Kampung Kecamatan Kampar Timur. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa sebagian besar anak dengan prekwensi 35 orang  41%  anak yang dinyatakan berkembang sesuai harapan hanya dengan prekwensi 32 orang 38%, sedangkan yang dinyatakan mulai muncul dengan prekwensi 17 orang anak 20%. Anak yang dinyatakan perkembangan motivsinya belum muncul. Pada siklus ke II sebagian besar anak dengan prekwensi 57 orang 67% anak yang dinyatakan berkembang sesuai harapan hanya dengan prekwensi 18 orang 21%, sedangkan yang dinyatakan mulai muncul dengan frekwensi 6 orang anak 7%. Anak yang dinyatakan perkembangan motivasi intrinsiknya belum muncul. Dengan demikian dapat hipotesis yang berbunyi “melalui kegiatan pembelajaran berbasis alam dapat meningkatkan motivasi intrinsik dalam pembelajaran berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Al-hidayah Pulau Kampung Kecamatan Kampar Timur” di ”Terima”. Artinya apabila kegiatan pembelajaran berbasis alam dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran maka motivasi intrinsik anak akan meningkat.

Published
2020-08-20
How to Cite
WidiantonoI., & EfdariaH. (2020). MENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK ANAK DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERBASIS ALAM . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 4(2), 168-181. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/131