HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Ihsan Widiantono 02
  • Haza Fitri Yanti
Keywords: Keterampilan Sosial, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk hubungan keterampilan sosial dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-5 Tahun di TK Langit Biru Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1dan A2 TK Langit Biru Pekanbaru yang berjumlah 32 anak dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1 dan A2 TK Langit Biru Pekanbaru yang berjumlah 32 anak.  Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial anak dan perkembangan kepribadian anak dimana diperoleh nilai r hitung  = 0,618 dan hasil uji t didapat t hitung = 4,16. Nilai t hit positif ini menunjukkan bahwa bila keterampilan sosial anak berkembangan dengan baik maka kepribadian anak akan berkembangan baik juga.  Implikasi dari penelitian ini adalah keterampilan sosial anak sangat berhubungan dengan perkembangan kepribadian anak untuk itu sebaiknya pihak sekolah atau tenaga pengajar, dapat mengembangkan keterampian sosial anak, karena keterampilan sosial ini akan mempengaruhi perkembangan kepribadian anak atau karakter anak

Published
2020-08-20
How to Cite
WidiantonoI., & Fitri YantiH. (2020). HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 4(2), 155-167. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/130