PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Ihsan Widiantono 02
  • Herlina
Keywords: Berhitung Anak Usia Dini, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Matematika

Abstract

Kenyataan di lapangan masih ada guru yang menjelaskan terlalu formal terfokus pada uraian tanpa  menggunakan sarana dan prasarana sehingga pelajarn tersebut tidak menarik bagi anak-anak. Kenyataan di lapangan masih ada guru yang menjelaskan terlalu formal terfokus pada uraian tanpa  menggunakan sarana dan prasarana sehingga pelajarn tersebut tidak menarik bagi anak-anak. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Awaluddin Pekanbaru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model diskriptif, penelitian diskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan merefresikan objek sesuai dengan keadaan yang scsungguhnya dan apa adanya, tidak ada penambahan dan pengurangan. Tercapainya hasil yang maksimal dalam pembelajaran Matematika di Taman Kanak-Kanak, guru harus mengasah kemampuannya dan -nengembangkan metode pembelajaran berhitung yang dapat menarik minat anak serta memunculkan rasa keingintahuannya (curiosity). Maka pembelajaran yang efektif untuk Matematika pada aspek berhitung adalah melalui pendekatan RealisticMathematic Education.

Published
2020-08-20
How to Cite
WidiantonoI., & Herlina. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 4(2), 142-154. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/129