EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Metode Demonstrasi efektif dalam pengembangan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. Penelitian ini mengambil tempat di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah anak 20 orang yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah efektivitas metode demonstrasi dan kecerdasan intrapersonal anak Usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dan teknik persentase sebagaimana dipaparkan pada pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penggunaan Metode demonstrasi efektif dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. skor rata-rata kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang pada observasi awal diperoleh skor rata-rata 63,8% sedangkan setelah menggunakan metode demonstrasi diperoleh skor rata-rata 90%. Artinya bahwa Artinya bahwa metode demonstrasi cukup efektif dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5 – 6 Tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang.
References
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Pasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.
Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Dini Kasdu. 2004. Anak Cerdas. Jakarta: Puspa swara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
MayLwin. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan.Yogyakarta: PT.Indeks.
Moeslhicanton. 1999. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Rineka cipta.
Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta. Universitas Terbuka.
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Belajar. Bandung. Remaja Rosda Karya
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Safaria. 2005. Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.
Sardiman , A.M. 2004. Interaksi Dan Motivasi Dalam Belajar. Jakarta. Rajawali, Pers.
Setiono Mangoenprasodjo. 2005. Anak masa depan dengan multi intelegensi. Yogyakarta: Pradipta Publishing
Suciati, dkk.2006. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta. Universitas Terbuka
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi Arikunto. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yuliani Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dsar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.