STRATEGI PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK DALAM SISTEM BELAJAR FULL DAY DI TK IT BPMAA

  • Novelitta
Keywords: Strategi, Kemandirian, Sistem belajar Full Day

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi peningkatan kemandirian anak dalam sistem belajar Full Day di TK IT BPMAA Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru dan orangtua/wali murid di TK IT BPMAA Kota Pekanbaru.  Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah strategi peningkatan kemandirian anak dalam sistem belajar full day. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif.  Dari hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa strategi peningkatan kemandirian anak dapat ditingkatkan melalui system belajar full day karena system belajar full day memiliki strategi-strategi dalam membentuk anak-anak yang mandiri, strategi tersebut antara lain adalah dengan membuat penjadwalan kegiatan full day, variasi kegiatan full day agar kegiatan dalam full day tidak membosankan, penyesuaian terhadap penggunaan metode pembelajaran dalam full day, dan keberadaan guru sebagai supervisi dalam pembelajaran. Hal ini terwujud karena system belajar full day adalah salah satu system yang mengajarkan anak dengan kebiasaan dan latihan terus menerus untuk menjadi pribadi yang mandiri, bertanggungjawab, memiliki keutamaan agama dan nilai-nilai ibadah sesuai dengan visi TK IT BPMAA Kota Pekanbaru yaitu mewujudkan anak bangsa yang beraqidah, berakhlak islami, disiplin, mandiri, kreatif dan ceria

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bacharuddin. 2008. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta.

Fathurrohman. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama

Rangkuti, Freddy. 2000. Business Plan: Teknik Membuat Perencanaan Bisnis & Analisa Kasus. Jakarta: PT. Gramedia.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Pers.

Iskandarwassid dan Sunendar, D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: SPS UPI dan PT Rosda Karya.

Rachman, Arief. 2005. Membentuk Anak Mandiri, Bermotivasi tinggi, dan Percaya Diri. Jakarta: Nikita.

Rahman, Hibama S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogya-karta: PGTKI Press.

Sawiwati. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 3 Makarti Jaya Tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Metode Demonstrasi”. Skripsi Sarjana Pendidikan Palembang:Perpustakaan UT.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparno SJ, Paul et.al. 2002. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru). Jakarta : Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Memahami Perilaku Kemandirian Anak Usia Dini (ahm.susanto@gmail.com) Dosen Tetap FIP-UMJ, 2013 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Tim Pustaka Familia. 2006. Warna Warni Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Penerbit. Kanisius.

Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPAG RI, 2006

Yustanto. 2004. Menggagas Pendidikan Islami Masa Depan. Jakarta : Balai Pustaka.

Yusuf LN, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Published
2020-07-29
How to Cite
Novelitta. (2020). STRATEGI PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK DALAM SISTEM BELAJAR FULL DAY DI TK IT BPMAA. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 5(1), 47-55. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/123