PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis anak di TK Asyiyah II Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Asyiyah II Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari Kemampuan menulis anak usia 5-6 di TK Asyiyah II Pekanbaru tahun dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis PAIKEM mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,3% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 80,2% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
References
Alwi, Hasan, dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Ai Siti Saodah . 2010. Pengaruh Pendekatan Paikem Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Islam Al-Fajar Pamulang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal. Skripsi. Tidak diterbitkan
Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Budiana. 2012. Pengaruh Penerapan Paikem, Multimedia Pembelajaran, Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Kendal, dari Program Magister PAIS Intitut Agama Islam Negeri Wali Songo. Jurnal. Tesis. IAIN Walisongo. Tidak diterbitkan
Depdikbud, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka
Dhieni, 2007. Pengembangan Bahasa Anak. Jakarta. UT.
Duwi Prayitmo. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta. Andi.
Hartono, dkk. 2008. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan. Pekanbaru. Zanafa
Isnaini dkk, 2006. Modul Menulis, Pekanbaru: Cendikia Insani,
Mukodas Arif Subekti, (2011). Perkembangan-kemampuan-menulis-anak-tk http://odazzander.blogspot.com/
Santoso, Singgih. 2010. Statistik Parametrik. Jakarta: Elex media Komputindo.
Santoso, Singgih. 2010. Statistik Non Parametrik. Jakarta: Elex media Komputindo.
Seniati dkk, 2005. Penelitian Psikologi. Jakarta, Rineka Cipta
Slamet. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah dasar. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT. Penerbitan dan Percetakan UNS UNS Press)
Soegeng Santoso. 2002. Pendidikan anak usia dini.Jakarta. Citra Pendidikan
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung Alfabeta
Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Tarigan Djago, dkk. 1994. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Peraturan Menteri nomor 58 Tahun 2009. Standar Pelaksanaan Anak Usia Dini. Jakarta
Yopi Domela .2013. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Latihan Terbimbing terhadap kemampuan menulis anak 5 – 6 tahun di TK Harapan Maju Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu, Skripsi Mahasiswa STKIP Aisyiyah. Tidak dipublikasikan