BENTUK KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI TK PERTIWI

  • Desriratna Sriwahyu
Keywords: Bentuk Kerjasama, Kualitas Pendidikan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di TK perhentian Luas Kuansing. Penelitian ini dilakukan  melalui metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan  teknik pengumpul data observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut; 1).Adanya Kunjungan kerumah anak didik. Pelaksanaan kunjungan kerumah anak didik berdampak positif diantaranya; Kunjungan melahirkan perasaan pada anak didik bahwa sekolahnya selalu memperhatikan dan mengawasinya, Kunjungan tersebut memberi kesempatan kepada guru melihat sendiri dan mengobservasi langsung cara anak didik belajar, latar belakng hidupnya, dan tentang masalah-masalah yang dihadapinya dalam keluarga, Guru berkesempatan untuk memberikan penerangan kepada orangtua anak didik tentang pendidikan yang baik, cara-cara menghadapi masalah yang sedang dialami anaknya. 2). Diundangnya Orangtua Kesekolah, Kalau ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah yang memungkinkan untuk dihadiri oleh orangtua maka akan positif sekali bila orangtua diundang untuk datang kesekolah.

References

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta , Rineka Cipta

Abu Ahmadi, 2001, sosiologi pendidikan, Jakarta, rineka Cipta

Buchori, M., 2001.Pendidikan Partisipatoris, Yogjakarta : Karnisius.

Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Basional Republik Indonesia Nomor 004i'U72002, Jakarta.

Elly, dkk, 2012, Ilmu sosial Budaya dasar, Jakart, prenada media group.

Hamzah B,Uno, 2007, Guru yang professional, Jakarta Bumi Aksara

Independent Monitoring and Evaluation of The Scholarship and Grants Program^ February 2001. A study on Community participation on SGPSchoot Committee. British Council. Jakarta, www.cimu.or.id

Kepmendiknas RI, 2009, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI tentang Standar pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta

Martini Jamaris, 2006, Perkembangan dan pengembangan anak usia TK, Jakarta, Grasindo.

Musaheri, 2007, Pengantar Pendidikan, Yogyakarta, IRcisoD

Nuraini , 2010, Pengantar sosiologi, Yogyakarta, Ar Ruzz Media

Rahman, Hibana, 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press

Siti Aisyah,2008, Pembelajaran Terpadu, , Universitas Terbuka.

Slamet Suyanto,2005. Pembelajaran Untuk Anak TK,Jakarta : Departemen Pendidikan nasional direktorat jendral pendidikan tinggi direktorat pembinaan pendidikan tenaga kependidikan dan ketenagaan perguruan tinggi.

Published
2020-07-29
How to Cite
SriwahyuD. (2020). BENTUK KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI TK PERTIWI . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 5(1), 16-25. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/120