PERBEDAAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

  • Asmainur
Keywords: Perbedaan Kecerdasan Linguistik Anak, Jenis kelamin

Abstract

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif komparatif. Penelitian ini berusaha mengetahui perbedaan kecerdasan linguistik anak laki-laki dan anak perempuan. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 185 orang anak. Pengambilan data dapat diambil dengan menggunakan tehnik sampel random sampling, sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 64, terdiri dari  32 orang laki-laki dan 32 orang perempuan. Hasil Analisis Compare Paired Sampel T Test skor anak laki-laki dan anak perempuan menunjukkan thitung sebesar 6.504. Pada taraf signifikansi 0,05 dan df sebesar (n-1) = (32-1) 31 diperoleh ttabel sebesar 2,039. Dengan demikian thitung (6.504) > ttabel (2,039) dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05) sehingga Ho ditolak. Artinya bahwa ada terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan linguistik anak laki-laki dan perempuan .

References

Adi W. Gunawan. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Amstrong Thomas. 2005. Setiap Anak Cerdas Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Inteligensi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Anas Sudjiono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. Andyda Meliala. 2004. Temukan dan Kembangkan Keajaiban Anak Anda Melalui Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Andi.

Anita yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dini Kasdu. 2004. Anak Cerdas A-Z Panduan Mencetak Kecerdasan Buah Hati Sejak Merencanakan Kehamilan Sampai Balita. Jakarta: Puspa Swara.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

English, W. Evelyn. 2005. Mengajar dengan Empati Panduan Belajar Mengajar yang Tepat dan Menyeluruh Untuk Ruang Kelas dengan Kecerdasan Beragam. Bandung: Nuansa.

Kayyisa. 2014. Perkembangan Bahasa Anak Laki-Laki dan Perempuan. http://ibunyakayyisa.blogspot.com/2009/07/perkembangan-bahasa-anak- laki-laki-dan.html. diakses pada tanggal. 5 Februari 2014.

Masitoh. 2008. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 58. 2009. Standar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Reza Prasetyo. 2009. Multiply Your Multiple Intelligence. Yogyakarta: Andi. Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Safari. 2005. Metode Pengembangan

Kecerdasan Interpersonal Anak.

Yogyakarta: Amara Books.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Tadkiroatun Musfiroh. 2010. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Udin S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yuliani Nurani Sujiono. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2020-07-29
How to Cite
Asmainur. (2020). PERBEDAAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 5(1), 1-15. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/119