PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 3 – 4 TAHUN

  • Wahyu Nur Atikah 02
  • Atik Nawensih
Keywords: Metode Sosiodrama, Perkembangan Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  perkembangan  emosional anak usia 3 – 4 tahun dengan Metode Sosiodrama di Play Group Aisyiyah Cabang Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 27 orang yang  terdiri dari 13 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan, bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan perkembangan emosional anak usia 3 – 4 tahun di  Play Group Aisyiyah Cabang Pekanbaru. Perkembangan emosional Anak usia 3 – 4 tahun Pada data awal diperoleh skor 257 dengan persentase 39.7%, dengan kriteria belum berkembang pada siklus I pertemuan pertama diperoleh skor 306 atau sebesar 47.2% dengan kriteria belum berkembang. pada siklus I pertemuan 2 diperoleh skor 416 atau sebesar 46.2% dengan kriteria mulai berkembang dan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh skor 485 atau sebesar 74.8% dengan kriteria mulai berkembang kemudian pada siklus II pertemuan 2 diperoleh skor 533 atau sebesar 82.3% dengan kriteria berkembang sesuai harapan.

Published
2020-07-28
How to Cite
AtikahW. N., & NawensihA. (2020). PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 3 – 4 TAHUN. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 4(1), 11-40. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/115