MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS ANAK MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DI TK AN-NAMIROH SAIL PEKANBARU

  • Ade Susanti
Keywords: Sains Anak, Metode Eksperimen

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman anak tentang sains anak usia dini di TK An Namiroh Sail Pekanbaru, sehingga penulis tertarik untuk mencoba menggunakan metode eksperimen sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan sains anak. Yang menjadi rumusan pada permasalahan ini adalah Bagaimanakah penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan pengetahuan sains anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan pengetahuan sains anak usia 5 – 6 tahun. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus, pada masing-masing siklus terdiri atas tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Lembar observasi anak diambil dari teori pengetahuan sains anak menurut Dirjen PAUD (2010). Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 21 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Data diambil dari hasil evaluasi pada setiap akhir siklus. Penelitian ini melibatkan satu orang teman sejawat atau guru lain sebagai pengamat. Berdasarkan data dan hasil persentase diperoleh peningkatan pada siklus I yaitu 22% dan peningkatan persentase pda siklus II adalah 90%. Maka dengan demikianm dapat disimpulkan metode eksperimen dapat meningkatkan pengetahuan sains anak usia 5 – 6 tahun di TK An Namiroh Sail Pekanbaru.

Published
2020-07-28
How to Cite
SusantiA. (2020). MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS ANAK MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DI TK AN-NAMIROH SAIL PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 4(1), 1-10. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/114