PENGEMBANGAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Betri Agus Mariny
Keywords: Metode Demonstrasi, Kemampuan Konsep, Matematika

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan konsep matematika anak di TK Al-Fadhlah Minas Kabupaten Siak. untuk itu diperlukan suatu penerapan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan kemampuan konsep matematika anak, yaitu penggunaan metode demonstrasi. Perumusan penelitian dapat peneliti rumuskan sebagai berikut: bagaimana penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan konsep matematika anak usia 5-6 tahun di TK Al-Fadhlah Minas Kabupaten Siak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi Terhadap Kemampuan konsep matematika Anak Usia 5-6 Tahun di TK AlFadhlah Minas Kabupaten Siak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 18 orang anak, 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan, bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan konsep matematika anak usia 5-6 tahun di TK Al-Fadhlah Minas Kabupaten Siak dapat ditingkatkan dengan metode demonstrasi.    

References

Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung

Aden Ranggiasanka. 2011.serba-serbi pendidikan anak. Yogyakarta: Hanggar Kreator

Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.

Anita Yus. 2012.Penilaian Perkembangan Belajar Anak TK. Kharisma putra utama

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Fajar Interpratama

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta. Balai Pustaka

Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Martini Jamaris, 2006. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Grasindo

Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta. Universitas Terbuka Moeslichatoen, 2004. Metode pengajaran di TK , Jakarta, Rineka Cipta Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta

Suharsimi Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

, dkk. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung

Wina Sanjaya, 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana

Winda Gunarti, dkk 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka

Yuliani Nurani Sujiono, 2005. Metode Pengembangan Konsep matematika.

Jakarta. Universitas Terbuka

Published
2020-07-28
How to Cite
MarinyB. A. (2020). PENGEMBANGAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 7(2), 61-75. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/113