MENGEMBANGKAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN METODE SIMAK ULANG UCAP TK AISYIYAH PULAU SARAK KAMPAR

  • Tia Elya Rizka
Keywords: Penguasaan, Kosakata, Metode Simak Ulang Ucap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode simak ulang ucap terhadap perkembangan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pulau Sarak Kecamatan Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang berjumlah 30 orang anak, terdiri dari 15 orang kelompok B1, dan 15 orang kelompok B2. Kelompok B1 dijadikan sampel untuk kelas eksperimen, dan kelompok B2 dijadikan sebagai sampel untuk kelas kontrol.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal pada post test lokal kontrol dengan post test lokal eksperimen. Dengan = -18,903 berarti lebih besar dari pada tanda matematika (minus) dalam hal ini di abaikan pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (18,903 > 2,14 dan 14 > 2,98) yang berarti hipotesis nihil diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa antara skor post test kelas kontrol dan post test kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan.

References

Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Rosdakarya.

M. Subana. (2009). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyadi. (2013). Metode Penelitian. Pekanbaru: STKIP ‘Aisyiyah Riau.

Novan Ardy Wiyani. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini (Panduan Orangtua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusran Pora. (2007). Develop Your Vocabulary, Grammar and Idiom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2020-07-28
How to Cite
Rizka T. E. (2020). MENGEMBANGKAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN METODE SIMAK ULANG UCAP TK AISYIYAH PULAU SARAK KAMPAR. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 7(2), 97-113. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/112