EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK HIPERAKTIF PAUD KB MAWAR PUTIH KEPULAUAN MERANTI

  • Rizka Novita Sari
Keywords: Media Visual, Anak Hiperaktif, Metode Kualitatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan medi visual terhadap pembelajaran anak hiperaktif di PAUD KB. Mawar Putih Kepulauan Meranti. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penggunaan media visual terhadap anak hiperaktif memberikan kemudahan pada guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar . Efektifitas Penggunaan media visual terhadap pembelajaran anak hiperaktif  di Paud Mawar Putih dengan pendidik berjumlah empat orang terlaksana dengan baik dan dimanfaatkan dengan baik oleh guru yang ada di Paud Mawar Puti. Contoh media visual dalam kegiatan  pembelajaran yaitu berupa puzzle dadu, kegiatan meronce menurut warna dan lain-lain. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media visual terhadap anak hiperaktif memberikan kemudahan pada guru dalam belajar mengajar dan meransang minat belajar anak. Dan membuat anak lebih cepat memahami apa yang dijelaskan oleh guru kepadanya. Sehingga penggunaan media visual terhadap anak hiperaktif memberikan begitu banyak  manfaat positif dalam proses pembelajaran yang efektif

References

Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press.

Bungin,Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta:Putra Grafika

Eric, Taylor. (1988). ANAK YANG HIPERAKTIF, Tuntunan Bagi Orang Tua. Jakarta. Gramedia

Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Published
2020-07-29
How to Cite
SariR. N. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK HIPERAKTIF PAUD KB MAWAR PUTIH KEPULAUAN MERANTI. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 7(1), 51-60. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/107