PENGGUNAAN MODEL SENTRA IMTAQ DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AGAMA MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keberadaan pendidikan nilai-nilai keagamaan yang merupakan pondasi yang kokoh, dan jika hal itu telah tertanam dalam diri anak sejak dini, hal ini merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani jenjang pendidikan selanjutnya. untuk mengembangkan aspek tersebut tentunya di butuhkan strategi maupun model pembelajaran yang tepat di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang penggunaan model sentra imtaq dalam mengembangkan Agama moral anak usia 5-6 tahun di Tk Negeri Pembina 2 pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi,wawancara,dokumentasi dan cara pengolahannya dengan Reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru,dan anak didik yang berada di kelas sentra imtaq berjumlah 17 orang. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil sebagai kesimpulan dari penelitian yaitu: penggunaan Model sentra imtaq sudah dapat mengembangkan nilai-nilai Agama moral anak usia 5-6 tahun . Hal ini berarti bahwa penggunaan Model sentra Imtaq sangat berperan penting dalam membentuk nilai-nilai Agama moral anak.
References
Mutiah Diana. 2010.psikologi bermain anak usia dini Jakarta: prenada media group
Suyadi. 2010. Psikologi belajar paud. yogyakarta: pedagogia
Asmawati luluk. 2014. perencanaan pembelajaran paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Satibi otib hidayat. 2005. Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama.Jakarta: Universitas terbuka
Asmawati luluk, dkk. 2008. pengelolaaan kegiatan pengembangan anak usia dini. Jakarta: universitas terbuka
Sugiyono.2009. Makalah penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2008. Makalah penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
Bungin Burhan. 2011. Penelitiankualitatif. Jakarta: prenada media group
S.margono. 2010. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka cipta
(http://leoniya.wordpress.com/2014/03/10/model-pembelajaran-di-tk/)