HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN DISIPLIN GURU PAUD DI KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU

  • Devi Novia
Keywords: Kompetensi Kepribadian dengan Disiplin Kerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan disiplin guru PAUD di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Guru PAUD di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru yang berjumlah 31 orang guru. Adapun sampel yang ditetapkan adalah seluruh Guru PAUD di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru yang berjumlah 31 orang guru. Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara kompetensi kepribadian dengan disiplin kerja guru (r) adalah 0.735 dengan nilai probabilitas 0.000. oleh karena probabilitas < 0.05 (0.000 < 0.05) maka Ho ditolak Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat kompetensi kepribadian dengan disiplin kerja guru. Sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif, berarti semakin tinggi kompetensi kepribadian maka semakin tinggi disiplin kerja guru. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar r2 = 0.541 dengan p = 0.000 (p<0.05) maka dapat dilihat bahwa kompetensi kepribadian memberikan pengaruh sebesar 54.1% terhadap disiplin kerja guru.

References

Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djam’an Satori. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta. Universitas Terbuka.

Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta. Andi.

Hasibuan. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2008. Profesi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Hendry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi III,Jakarta: STIE YKPN.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta. Raja Wali Press.

Mangkunegara. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Masnur Muslich. 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta. Bumi aksara.

Nurmansyah. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pengantar. Pekanbaru. Unilak Pers.

Pandji. 2001. Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Permen No. 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Permen No. 13 Tahun 2007. Standar Kepala Sekolah/Madrasah Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Alfabeta.

Sastrohadiwiryo. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Kencana.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Suharsimi. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Syamsu Yusuf. 2006. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung. CV. Alfabeta.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. Grasindo.

UU No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Veitzal. 2010. Managemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali pers.

Widodo. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Published
2020-07-28
How to Cite
NoviaD. (2020). HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN DISIPLIN GURU PAUD DI KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 7(1), 25-41. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/105