PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • nurheliza yunika mahasiswa pg paud unri
  • Desparyani
Keywords: Metode Bercerita, Kepercayaan Diri

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan diri dapat ditingkatkan melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun Di TK  Insan Madani Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu: dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 di TK Insan Madani Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kepercayaan diri anak pada setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 40% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,7% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,1% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).

References

Abdul Aziz, 2008. Mendidik anak dengan cerita. bandung. Rosda

Abu Ahmadi, dan Joko Tri Pasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Aprianti Yofita Rahayu .2013. Menumbuhkan kepercayaan diri melalui metode bercerita . Jakarta. Amzah

Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers. Alex Sobur, 2003. Psikologi Umum. Bandung. CV. Pustaka Setia

Depag. 2003. Pedoman Pendidikan Agama Bagi Anak Putus Sekolah. Jakarta.

Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara. Bandung. Angkasa.

Martini Jamaris. 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta: PPS Universitas Negeri

Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran di TK, Jakarta, Rineka Cipta Wahyudi siswanto. 2010. membentuk kecerdasan spiritual anak. Jakarta. Amzah Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta. Rineka Cipta

Winda Gunarti, dkk 2008. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka

Published
2020-07-28
How to Cite
yunika, nurheliza, & Desparyani. (2020). PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 7(1), 13-24. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/104