PENERAPAN METODE BERMAIN IMAJINATIF MELALUI BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK 5-6 TAHUN

  • Desi Efnita
Keywords: Metode Bermain imajinatif melalui bermain peran, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kreativitas anak di PAUD Al-Masittoh Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Untuk itu diperlukan suatu penerapan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan kreativitas anak, yaitu penerapan metode bermain imajinatif melalui bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti dapat menentukan hipotesis yang digunakan yaitu kreativitas anak usia 5 – 6 Tahun di PAUD Al-Masittoh Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan penerapan metode bermain imajinatif melalui bermain peran. Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan peretemuan dilakukan perbaikan- perbaikan, sehingga anak terbiasa dengan kegiatan pembelajaran metode bermain imajinatif melalui bermain peran. Kreativitas anak Usia 5 – 6 Tahun di PAUD Al-Masittoh Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar pada data awal diperoleh persentase 37.9%, pada siklus I memperoleh persentase 55,3% dengan kiteria mulai berkembang. Terjadi peningkatan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun pada siklus II dengan persentase 76,5% dengan kiteria berkembang sesuai harapan

References

Abu Ahmadi . 2003. Psikologi Umum. Jakarta. Rineka Cipta

Anas Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.

Arikunto Suharsimi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Beni S. Ambarjaya. (2012). Psikologi Pendidikan dan Pengajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: CAPS

Diana Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Fajar Interpratama

Elizabeth B. Hurlock, (2013). Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta. Erlangga

Florence Beetlestone. (2011). Creative Learning. Bandung: Nusa Media

Muhammad Fadlilaah dan Lilif Mualifatu Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung. Remaja Rosdakarya

Silberman, Mel. (2009). Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Utami Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta

Wardani dkk. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. UT

Winda Gunarti, dkk . (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka

Yatim Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Yazid Bustomi. (2012). Melejidkan potensi dan kecerdasan anak usia dini. Jakarta. Citra Publishing

Published
2020-07-28
How to Cite
EfnitaD. (2020). PENERAPAN METODE BERMAIN IMAJINATIF MELALUI BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK 5-6 TAHUN . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 7(1), 1-12. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/103