MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN METODE EKSPRESI BEBAS TK BAITUL IKHSAN PERAWANG

  • lyly Angraini
  • Susi Herlinda STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU
  • Santi Kusuma Dewi STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU
Keywords: Kreativitas, Menggambar Bebas, Metode Ekspresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas menggambar anak dengan metode ekspresi bebasdi Tk Baitul Ikhsan Perawang Kecamatan Tualang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok BI yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan observasi, digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75 % anak mengalami peningkatan pada kemampuan menggambar dengan metode ekspresi bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggambar meningkat setelah adanya tindakan. Pada saat dilakukan observasi, awal presentase kemampuan menggambar anak adalah 54,81 %, setelah diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 74,36 %. Persentase ini belum mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan, maka dilakukan tindakan pada siklus II dan mendapatkan persentase sebesar 81,52 %, perolehan persentase ini dikategorikan pada predikat sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kemampuan menggambar anak dapat meningkat adalah: guru mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan untuk menggambar berupa media, kertas gambar, contoh gambar sesuai tema yang dibuat oleh guru, serta contoh gambar lain yang mendukung tema pada saat kegiatan pembelajaran.

References

Anik, Pamilu. (2007). Mengembangkan kreativitas dan kecerdasan anak. Jakarta: Buku kita.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

C. Asri Budiningsih. (2008). Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Diah Sukrisnawati & Syamsuri Jari. (1993). Seni Sebagai Media Pengembangan Kehidupan Beragama Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal. Jakarta: Pimpinan ‘Aisyiyah Bagian Pendidikan dan Kebudayaan

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Gramedia.

Morrison, George S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Published
2020-12-21
How to Cite
Angraini, lyly, HerlindaS., & DewiS. K. (2020). MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN METODE EKSPRESI BEBAS TK BAITUL IKHSAN PERAWANG. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 11(2), 112-124. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/102