ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI K13 DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SMKN 6 PEKANBARU
Abstract
Latar belakang penelitian adalah Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 dalam Revolusi Industri 4.0 di SMKN 6 Pekanbaru. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1).Persepsi Guru terhadap perubahan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam Revolusi Industri 4.0 ini, Penyempurnaan SKL memperhatikan pengembangan nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu dengan fokus pada pencapaian kompetensi. Perubahan SKL lebih meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa serta diharapkan menghasilkan lulusan/pencari kerja. 2).Persepsi Guru terhadap perubahan Standar Isi, kedudukan mata pelajaran kompetensi, dari mata pelajaran menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi, dimana Kompetensi Intinya mencakup kompetensi sikap spritual, sikap sosial, keterampilan dan pengetahuan.3).Persepsi Guru terhadap perubahan Standar Proses. Perubahan Standar Proses berarti perubahan strategi pembelajaran. Guru wajib merancang pembelajaran aktif yang menyenangkan, dapat menggunakan teknologi media pembelajaran dan siswa difasilitasi untuk mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. 4).Persepsi Guru terhadap Standar penilaian pengisian raport, guru menilai dari kompetensi lulusan siswa mencakup sikap spritual, sosial, keterampilan dan pengetahuan, selain dengan penilain menggunakan angka/pengsekoran, serta penilaian pembelajaran harus mengukur kemampuan skill yang berbentuk laporan diri, skala penilaian global, dan tindakan observasi di setiap kompetensi. Guru juga harus memaparkan/mendeskripsikan hasil penilaian siswa di setiap penilaian kompetensi.
Â
References
Agustino, Leo. (2008). Dasar -dasar Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.
Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group
EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja. (2001). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Edisi Revisi, Cet. 3, Semarang: Difa Publishers.
Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Dakir. (2004). Perencanaan dan pengembangan Kurikulum. Jakarta. Renika Cipta
Febliza.Asyti &, Afdal, Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru. Adefa Grafika.
Hanurawan, Fattah. (2012). Psikologi Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2006). Metode Penelitian Naturalistik-kualittaif. Bandung : Tarsito.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sriyanti, Lilik. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak.
Wulandari. (2006). Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Komputer dan Kepercayaan Terhadap Kinerja Indvidual di Universitas Brawijaya. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya. Malang.
Wasistiono, Sadu. (2001). Kapita Selekta Manajemen Pemerintah Daerah. Sumedang:Alqoprint.
Winarno, FG. (2002). Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta.
Copyright (c) 2020 Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.