PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP SEMANGAT MENGAJAR GURU IPS SDN 18 PEKANBARU
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran Software Macromedia Flash Terhadap Semangat Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS di SDN 18 Pekanbaru. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket terhadap 9 orang guru di SDN 18 Pekanbaru. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Software Macromedia Flash yang diteliti terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap peningkatan semangat mengajar guru di SDN 18 Pekanbaru. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media pembelajaran Software Macromedia Flash Terhadap Semangat Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS di SDN 18 Pekanbaru.
Â
References
Anggara. (2008). Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flash. Yogyakarta: Gava Media
Asyhar, Rayanda. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.
Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan”. Pekanbaru : Adefa Grafika
Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Media Pembelajaran Dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pekanbaru. Adefa Grafika.
Suharsimi, Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta, Rineka Cipta
Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja, Jakarta, PT.Grafindo Persada
Copyright (c) 2020 Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.