PENGARUH PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

Muhammad Mazwan, Khairi Murdy, Asri Neli Putri

  • Muhammad Mazwan STKIP ‘Aisyiyah Riau
  • Khairi Murdy STKIP ‘Aisyiyah Riau
  • Asri Neli Putri STKIP ‘Aisyiyah Riau
Keywords: Fasilitas Perpustakaan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa kelas XI ADP di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Populasi dari penelitia ni 150 siswa dan saya mengambil Sampel sejumlah 60 siswa. Variabel yang menjadi fokus penelitian ini adalah fasilitas perpustakaan, hasil belajar siswa, fasilitas perpustakaan sebagai variabel (X) dan hasil belajar sebagai variabel (Y). metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan dibantu alat SPSS 17.for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dianalisis dengan menggunakan uji t atau statistika pada derajat kepercayaan (dk) = 0,05 nilai t hitung = 14,79 dan t table = 1,686 jadi t hitung> t table. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari derajat penentu (koefisien determinasi), (r2) sebagai berikut r2 = 0,79 (79%)yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan fasilitas perpustakaan sebesar 79% sedangkan 21% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diangkat dalam penelitian ini. Berdasarkan dari data penelitian dan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari pengunaan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa terlihat dari pengamatan dan hasil analisis.

References

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Fraenkel dan Wallen (2008), Metodelogi Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta : Gajah MadaUniversitas Press.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Muhroji. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS

Nully dalam Ghazali, (2007):42

Nursid, Sumaatmadja. (2009). Perspketif Global. Jakarta: Universitas Terbuka.

............. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan dan Akdon (2008)

Slameto. (2010).Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono . (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2020-11-21
How to Cite
MazwanM., MurdyK., & PutriA. N. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU: Muhammad Mazwan, Khairi Murdy, Asri Neli Putri. Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business, 1(2), 8-16. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/article/view/68