MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA VII7 DENGAN MODEL MAKE A MATCH SMPN 15 PEKANBARU
Mardahlena, Henri Yanto Daulay, Asri Neli Putri
Abstract
Latar belakang masalah adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan hanya sebagian siswa yang menyelesaikan tugas sesuai waktu yang diberikan oleh guru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus difokuskan pada materi tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Pekanbaru dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII7. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi HAM. Hal ini terbukti dari aktifitas belajar siswa dan guru serta hasil perolehan belajar siswa yang meningkat, Pada Siklus Ke I aktifitas guru memperoleh skor 35 dengan kategori sempurna dan aktifitas belajar siswa memperoleh skor 143 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 80. Pada siklus ke II aktifitas guru menujukkan adanya peningkatan menjadi skor 43 dengan kategori sangat sempurna dan aktifitas siswa menjadi skor 212 dengan kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata rata 88,8. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan siklus II adalah 9%.
References
Depdiknas. (2003). Pengembangan Khusus Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran PKn untuk SMP. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 (Standar Kompetensi). Jakarta: Depdiknas.
Miftahul Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2020 Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.