PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL PANGERAN PEKANBARU

  • Farida Bu'ulolo STKIP Aisyiyah Riau
  • Hendri Yanto Daulay STKIP Aisyiyah Riau
  • Zul Afdal Universitas Negeri Padang
Keywords: Pelayanan Prima, Kepuasan Tamu, Regresi Linear

Abstract

Pelayanan prima dipercaya menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kepuasan  tamu khususnya di industri pelayanan jasa penginapan.   Pelayanan yang bermutu menuntut adanya upaya keseluruhan karyawan agar tercapainya  tujuan perusahaan untuk memuaskan para tamunya.  Namun, pelayanan prima dari Hotel Pangeran Pekanbaru belum diberikan sepenuhnya kepada tamu. Hal ini dapat terlihat dari jumlah keluhan tamu yang semakin meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan di Hotel Pangeran Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan tamu di Hotel Pangeran Pekanbaru. Populasi di dalam penelitian ini sebanyak 55.020 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan untuk menentukan banyaknya sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang.  Pengumpulan data menggunakan angket dan pengukuran menggunakan skala ordinal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa pelayanan prima berpengaruh  signifikan terhadap kepuasan tamu  di Hotel Pangeran  Pekanbaru.  Kontribusi yang diberikan oleh pelayanan prima sebesar 63,5%  terhadap kepuasan tamu. sedangkan sisanya 36,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti

Author Biography

Zul Afdal, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Irianto, A. (2009). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Hasan, I. (2010). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Cetakan ke V. Bumi Aksara.

Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elekmedia Computindo.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Cetakan ke 23. Alfa Beta.

Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2021-06-30
How to Cite
Bu’uloloF., DaulayH. Y., & AfdalZ. (2021). PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL PANGERAN PEKANBARU. Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business, 2(1), 39-45. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/article/view/246