FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK YAMAHA CV. MAHKOTA MOTOR (PANAM) PEKANBARU

  • Nurhatini Nurhatini STKIP Aisyiyah Riau
  • Asli Neli Putri STKIP Aisyiyah Riau
  • Khairi Murdy STKIP Aisyiyah Riau
Keywords: Analisis Faktor, Faktor Budaya, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Faktor Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian sepeda motor merk Yamaha pada CV.Mahkota Motor (Panam) Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada CV.Mahkota Motor (Panam) Pekanbaru dengan menggunakan metode penelitian deskritif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017. Subjek penelitian ini adalah pelanggan yang sedang melakukan service di CV.Mahkota Motor (Panam) Pekanbaru sebanyak 75 orang. Data dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui koesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor yang diproses melalui program  SPSS for windows versi 17. Dari hasil olahan diperoleh faktor yang paling dominan yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian sepeda motor merk Yamaha pada CV.Mahkota Motor (Panam) Pekanbaru adalah faktor budaya yang dilihat Total Variance Explainned yang nilai variansnya adalah sebesar 53,694%. Berdasarkan uraian hasil penelitian di atas, disarankan kepada perusahaan untuk menjadikan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih dan membeli produk Yamaha di CV.Mahkota Motor (Panam) Pekanbaru yang bisa berubah setiap saat. Perusahaan dituntut untuk lebih memahami prilaku konsumen untuk keberhasilan strategi pemasaran. Keempat faktor tersebut perlu di perhatikan terutama faktor budaya.

References

Hartono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, P. dan Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta, Erlangga Edisi 13. Jilid 1

Riduan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Alfabeta, Bandung, 2005.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung
Published
2021-06-30
How to Cite
NurhatiniN., PutriA. N., & MurdyK. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK YAMAHA CV. MAHKOTA MOTOR (PANAM) PEKANBARU. Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business, 2(1), 30-38. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/article/view/245