ANALISIS INTEGRITAS AKADEMIK PADA SISWA MADRASAH ALIYAH
Abstract
Penelitian ini menganalisis tingkat integritas akademik siswa kelas XI MA Muhammadiyah Pekanbaru. Rumusan masalah adalah bagaimana gambaran integritas akademik siswa kelas XI MA Muhammadiyah Pekanbaru?. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran integritas akademik siswa kelas XI MA Muhammadiyah Pekanbaru. Rancangan penelitian adalah Deskriptif. Jenis penelitian termasuk Kualitatif. Sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 20 Siswa dan 6 Orang guru MA Muhammadiyah Pekanbaru. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan daya wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan, integritas akademik pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah Pekanbaru dikategorikan baik. Dimana dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa integritas nilai saling percaya pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah Pekanbaru dapat dikategorikan baik, disamping itu nilai kejujuran, nilai saling menghormati dan nilai tanggung jawab pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah Pekanbaru dapat dikategorikan cukup baik, selanjutnya mengenai integritas nilai keadilan dimana siswa telah mendapatkan keadilan dengan baik disertai dengan penghargaan pada penilaian adalah hal penting bagi terbentuknya kepercayaan antara guru dan siswa sehingga dapat membuat siswa menjadi sangat dihargai.
References
[Anjani] Anjungan Integritas Akademik Indonesia. (2019). Nilai Integritas Akademik. Diakses dari http://anjani.ristekbrin.go.id/nilai-integritasakademik/.
Berry, C.M., E.P. Sackett, & S. Wiemann. (2007). A Review of Recent Developments In Integrity Test Research. Jurnal Personnel Psychology, 6,(2)
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.
Huang, H., & Y. Hung. (2013). Gender Differences and Behavioral Integrity: from a Social Contract Perspective. Journal of Management & Organization, 19(1), 86-100. doi:10.1017/jmo.2013.6
Jiang, H., L. Emmerton, & McKauge, L. (2013). Academic Integrity and Plagiarism: a Review of the Influences and Risk Situations for Health Students. Higher Education Research & Development. 32(3): 369-380, https://doi.org/10.1080/07294360.2012.687362
Josephson Institute. (2012). Josephson Institute’s 2012 Report Card on the Ethics of American Youth. Los Angeles : Author
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Author
Kesuma, D., Triatna, C., & Permana J. (2016). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchlas, S & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ronokusumo, S. (2012). Integritas Akademik “Sekedar Kata atau Nyata?”, Jakarta : Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wiranata, K., Zamralita., & Basaria, D. (2020). Gambaran Integritas Akademik pada Mahasiswa Baru Universitas X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 4(1). Doi:10.24912/jmishumsen.v4i1.7059.2020
Wood, G & Warnken, P. (2004). Managing Technology, Academic Original Sin: Plagiarism, the Internet, and Librarians. Journal of Academic Librarianship, 30(3): 237-242
Yulianti, (2013). Kajian Kantin Jujur dalam Rangka Peningkatan Pendidikan Karakter di Tingkat Sekolah Dasar untuk Mewujudkan Siswa yang Kreatif (Studi Kasus di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 1(2).
Yulianto, H. (2015). Persepsi Mahasiswa Tentang Ketidak-jujuran Akademik : Studi Kasus Mahasiswa Program Vokasi Universitas Indonesia. Dalam Seminar Psikologi & Kemanusiaan, Psychology Forum UMM,
Copyright (c) 2021 Ridho Muslim, Khairi Murdy, Suparmi Suparmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.