PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LITERASI MEDIA DIGITAL BERHASIL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Literasi Media Digital berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Literasi Media Digital terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 1 Kuok. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.B dan IX.C IX SMP N 1 Kuok pada Tahun Ajaran 2019/2020, yaitu 45 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji t dan Uji Anova/uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruhProblemBased Learning (PBL) menggunakan Literasi Media Digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 1 Kuok. Dimana pengaruh yang terjadi adalah signifikan. Sehingga hipotesis penelitian (H1) yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Literasi Media Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 1 Kuok,” dapat diterima; dan (2) besarnya pengaruh Problem Based Learning (PBL) MenggunakanLiterasi Media Digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 1 Kuok adalah 80,28%.
References
Heriyanto. (2018). Kompetensi Literasi Media Digital Siswa Kelas X pada SMA Beryayasan Buddhis di Tangerang. Jurnal Vijjacariya, 5(2).
Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Komunikatif, 8 (2)
Rahmatan, et. al. (2012). Pengetahuan Awal Calon Guru Biologi tentang Konsep Karbohidrat (Respirasi Seluler). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 91-99.
Rerung, N. dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Beajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan 6(1)
Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Riel, et. al. (2012). Charting Digital Literacy: a Framework for Information Technology and Digital Skills Education in the Community College.Conference Paper
Siti, N., Masholekhatin, B. Handoyo, & Sumarmi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Universitas Negeri Malang.https://docplayer.info/36343358-Pengaruh-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-terhadap-hasil-belajar-geografi.html
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
UNESCO. (2005). Development of information literacy: through school libraries in SouthEast Asia Countries. Bangkok: UNESCO
Copyright (c) 2021 Yuliana Anasrul, Zul Afdal, Asri Neli Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.