KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT MEMBACA BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

  • Patmayani Oktavianty Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
  • Asri Neli Putri Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
  • Suparmi Suparmi STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU
Keywords: Kebiasaan Belajar, Minat Membaca, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII B dan VIII C SMPN 1 Kuok. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa dan semua populasi dijadikan sampel. Variabel yang digunakan yaitu prestasi belajar sebagai variabel dependen dan kebiasaan belajar dan minat membaca sebagai variabel independen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar; 2) Minat membaca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar; 3) Kebiasaan belajar dan minat membaca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar; dan (4) Kebiasaan belajar dan minat membaca secara bersama-sama memberikan sumbangan terhadap prestasi belajar sebesar 66,7%, dan sisanya (33,3%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan kepada seluruh pihak sekolah untuk dapat meningkatkan dan kebiasaan belajar siswa sehingga prestasi belajar yang dicapai meningkat

References

Arianto. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Arikunto, S. (2015). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar

Gagne, R.M. (2010). The Condition of Learning Theory of Instrucion. New York: Rinehart.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Noeroel, A.M. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 4 Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. STKIP PGRI Sumenep.

Nursalina, A. I., & Budiningsih, T.E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Membaca pada Anak. Educational Psychology Journal, 3(1): 1-7.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subana, M., dan Sudrajat. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunadi, L., & Fitriyati, D. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(3): 1-19.

Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trisna, A.K. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Universitas Lampung.
Published
2021-07-05
How to Cite
OktaviantyP., PutriA. N., & SuparmiS. (2021). KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT MEMBACA BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business, 2(1), 1-10. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/article/view/242