PEMBELAJARAN IQRO BAGI IBU MAJLIS TA'LIM

  • Rahmah
  • Radhiatul Fithri
  • Dwi Shintya
Keywords: Pembelajaran Iqro, Majlis Ta'lim

Abstract

Latar belakang tdari pengabdian ini adalah Sekarang ini sangat prihatin sekali, Alquran telah hilang dari pendengaran kita, jarang sekali Alquran di kumandangkan oleh di masjid dan di musollah dikarenakan Semakin hari zaman semakin berkembang, kini orang tua selalu dibayangi oleh persepsi adanya dikotomi ilmu, yaitu duniawi (sekuler) dan ilmu agama dan pada kedua ilmu itu terdapat perbedaan yang mencolok. Tim pengabdian masyarakat  akan memberikan Pelatihan Pembelajaran iqro yang nantinya mengarah ke pembelajaran al quran . Pelatihan yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat  berkaitan dengan Pelatihan  Pembelajaran iqro bagi ibu-ibu majlis ta’lim dapat membantu para  ibu-ibu majelis ta’lim di kelurahan Rejosari Kec. Tenayan Raya Pekanbaru. Hasil dari pengabdian ini adalah Pengetahuan dan skill para ibu-ibu majelis ta’lim di kelurahan Rejosari Kec. Tenayan Raya Pekanbaru secara umum awalnya masih kurang memadai sebelum dilaksanakanannya pelatihan, 1. Program pelatihan dalam bentuk kegiatan 30 % teori dan 70 % praktek cukup efektif, sehingga peserta dapat mempraktekkan dari materi yang disampaikan. Para peserta antusias dan senang dalam mengikuti pelatihan pembelajaran iqro

References

Budiyanto, Mangun. (1995). Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqro’ (Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an). (Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus “AMM”).

Budiyanto, Mangun, dkk. (2003). Ringkasan Pedoman Pengelolaan, Pembinaan dan Pengembangan Gerakan Membaca, Menulis, Memahami, Mengamalkan dan Memasyarakatkan Al-Qur’an (Gerakan M5A). (Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus “AMM”).

Farkhan, Muhammad. (2019). “Penerapan Metode Iqro’ pada Pembelajaran membaca Al-Qur’an di Kelas IV MI Islam Kartasura Tahun Ajaran 2018/2019” Skripsi, (Surakarta: IAIN Surakarta).

Hermawan, Didik. (2018). “Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an” Profetika: Jurnal Studi Islam 19 (1): 27-35. http://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/7751/4445.

Modern dan Religius di Kecamatan Serpong Utara” Skripsi, (Jakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Siregar, Ihsan. (2018). “Penerapan Metode Iqro’ dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman 3 (1): 1-28. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/al-muaddib/article/view/370/301.
Published
2020-11-20
How to Cite
Rahmah, FithriR., & ShintyaD. (2020). PEMBELAJARAN IQRO BAGI IBU MAJLIS TA’LIM. Jurnal Dedikasi : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 27-32. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/Dedikasi/article/view/230